Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Kamis, 09 Februari 2017

Aplikasi Array speaker di ruang GEMA tinggi ( bagian 3 )

Contoh lain penerapan Array speaker tipe Z-5BHX2 di masjid yang memiliki pantulan/Gema tinggi. Nama masjidnya : Masjid Tropikana, lokasi di Tropikana Residence, Cikarang Baru, Jababeka, Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Masjid Tropicana
Masjid terdiri dari 2 lantai, dengan via duct yang cukup lebar seluas ruang utama. Luas ruang utama sekitar 10 x 15 m, dengan ketinggian ruangan sekitar 10m, menjadikan suara sangat bergema.  Lantai 2 seluas teras, teras samping kiri kanan lebar 3m dan teras depan lebar 6 m.
Lantai dari granit yang sangat halus, dan tembok plesteran dengan dinding kaca full.  Untuk mengurangi GEMA, kami pasang Array Speaker Z-5BHX2 --> 2 bh, diletakkan di dinding depan menghadap ke belakang, dengan ketinggian sekitar 3m.  Dinding samping kiri kanan tidak kami pasang speaker karena ruangan tidak begitu luas, masih mampu di jangkau oleh Z-5BHX2. Sesuai dengan karakteristik Array speaker, suara bisa menyebar lurus kedepan, kekiri dan kekanan, sedikit ke atas, sehingga semua ruangan bisa terjangkau suaranya.
Ruang Utama, Z-5BHX2 di depan

Untuk teras dan lantai 2 --> kami pasang ZS-1030B masing-masing sejumlah 8bh, total 16bh.
Amplifier yang kami gunakan tipe ZA-2240 untuk mendorong Z-5BHX2, dipasang secara paralel di com-4ohm,  dan amplifier yang sama ZA-2240 2bh untuk ZS-1030B 16bh.
Horn speaker masih menggunakan horn speaker 25 watt tipe ZH-5025BM, dengan amplifier ZA-2120, daya 120 watt.

Berikut titik pemasangan speker di lantai 1. Untuk lantai 2 sama dengan yang di koridor lantai 1. Untuk speaker di imam menggunakan ZS-1030B dengan setting daya rendah --> untuk monitor imam dan Kotib.  
            Titik Pemasangan speaker lt1

Setting suara

Seperti biasa, yang pertama di setting yaitu mic imam, kebetulan masjid ini menggunakan clip on shure yang sangat baik tipe SVX-14, jadi settingnya menjadi lebih mudah. Pertama yang kami hidupkan Array speaker Z-5BHX2 terlebih dahulu, setelah suara OK, kami lanjutkan setting speaker teras dan lantai 1. Kemudian kami setting suara untuk Adzan.
Pengaturan suara mengandalkan Mixer behringer 1222USB, Equalizer behringer FBQ-3102HD dan Compressor DBX-166XL untuk mendapatkan suara yang maksimal.
Semua peralatan di tempatkan di dalam rak system untuk menjaga dari debu dan setting yang stabil karena rak selalu di kunci agar tidak mudah di rubah oleh siapa saja kecuali yang di tunjuk dan mengerti.
Blok Diagram

Demikian informasinya, semoga menjadikan tambahan pengetahuan untuk diterapkan di Masjid masing-masing.  Bila ada yang ingin konsultasi/renovasi sound system masjidnya, kami persilahkan hubungi kami di 0811184203 atau email hsetyo@rocketmail.com atau melalui kontak di blog ini.

Wassalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar