Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Minggu, 08 Januari 2017

Cara menyambung kabel dari amplifier ke speaker horn

Admin sering ketanyaan dari pengunjung website,  yaitu mana yang baik cara menyambung kabel dari amplifier ke speaker horn diatas menara / diatas kubah ?

Jawabannya sebagai berikut :
1. Untuk speaker horn low impedance ( tanpa trafo didalamnya ), bisa menggunakan 1 kabel dari ampli ke speaker tetapi minimal kabel yang digunakan dengan ukuran 2 x 1.5mm,  bila menggunakan kabel kecil maka perlu dipasang masing-masing ke speaker hornnya. Artinya dari ampli ditarik 4 kabel ke speaker.
    Pemakaian kabel dengan ukuran kecil akan menjadi beban bagi amplifier, sehingga suara yang dikirim ke speaker horn berkurang, alias suaranya akan drop / kecil.

2. Untuk speaker horn haigh impedance --> cukup ditarik 1 kabel saja dari ampli ke speaker horn, dengan kabel minimal 2 x 0.75.  Tentu saja menggunakan kabel lebih besar lebih baik, selain lebih kuat dan tahan lama, suara yang dihasilkan juga semakin baik.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini.




Demikian yang dapat disampaikan semoga membantu.

2 komentar:

  1. Mana bisa keluar suara kalau kabel cuman satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dimaksud 1 kabel kan udah dijelaskan ukuran 2x1.5, berarti Anda gk paham tentang instalasi perkabelan

      Hapus