Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Selasa, 07 Februari 2017

Aplikasi Array speaker di ruang GEMA tinggi (Bagian 1)

Berikut beberapa aplikasi penerapan dan pemilihan speaker yang tepat untuk mengatasi ruangan masjid yang bergema tinggi.

Lokasi proyek : Masjid Al-Banna, Holchim, Cilengsi, Bogor.


Masjid Al-Banna, front view night

Luas masjid  20 x 20, dengan ruang tengah seperti joglo dan tertutup rapat, dengan jendela kaca dan dinding keramik.  Gema sangat tingi, sehingga suara kurang jelas di dengar perkataanya. Teras keliling lebar sekitar 4 m.
Solusi yang kami terapkan yaitu memasang Array Speaker tipe HX ( Z-5BHX2 ) 2bh di depan dan 4 bh Array speaker tipe column ZS-S60CW.
Seperti dalam penjelasan di artikel " ARRAY Speaker solusi mengurangi GEMA ", bahwa salah satu cara mengurangi GEMA ruangan yaitu dengan memanfaat karakteristik speaker ARRAY yang cenderung lurus, datar serta menyebar ke seluruh ruangan yang jauh, cocok untuk aplikasi dalam ruang bergema.
Dengan menggunakan Array speaker ini maka suara tidak banyak menyebar ke lantai atau ke atas, sehingga gema bis di kurangi. Disamping itu area tengah yang biasanya kosong, maka bisa memperoleh suara langsung dari speaker sehingga apa yang di sampaikan pembicara menjadi lebih jelas.
Gema pasti ada, selama tidak ada perubahan ruangan, tapi dengan array speaker gema bisa di tekan.

Penampakan ruang utama masjid Al-Banna
Di Masjid Al-Banna, Array kami tempatkan di depan, dengan proporsi titik penempatan kiri-kanan seimbang, dengan ketinggian +/- 3 m, diharapkan jangkauan suara bisa di peroleh dari shaft terdepan dan ke area tengah.
Agar mendapatkan arah yang tepat maka angle HX perlu di modifikasi/di atur arahnya sehingga pada bagian bawah mengarah ke bawah, dan 3 bh diatasnya rata.

untuk Array speaker ZS-S60CW, pemasangan speakernya sedikit ditundukkan agar mengarah ke jamaah, dengan ketinggian +/- 2.5-3m. Agar diperoleh penyebaran yang lebih dekat ke pendengar.

Array Speaker ZS-S60CW di kiri kanan ruangan
Amplifier untuk Z-5BHX2 --> menggunakan amplifier ZA-2240, daya 240 watt, di pasang di output Com-4ohm, karena HX ini tipe low impedansi, tanpa matching trafo. Meskipun menggunakan amplifier 240 watt, dimana daya HX 200 watt/perspeaker,  tapi dengan ZA-2240 masih cukup untuk mendorong HX, karena dalam ruangan tidak akan semaksimal bila di luar ruangan. Pemasangan speaker -->  sistim paralel. Bagaimana caranyanya ? silahkan lihat di artikel yang membahas masalah ini. Input ke Amplifier menggunakan Aux dan disambungkan ke output Equalizer.
Teras kanan
Sedangkan untuk ZS-S60CW, amplifier juga menggunakan ampli yang sama tipe ZA-2240, daya 240 watt...karena daya ZS-S60CW 60 watt x 4bh = 240 watt, pass dayanya sehingga amplifier bekerja sesuai dengan spesifikasinya dan speaker juga bisa optimal setting suaranya.

Teras depan
Untuk speaker teras, kami pasang ZS-F2000WM daya 60 watt 2bh untuk bagian depan kiri kanan teras, kami manfaatkan speaker yang sudah ada, dan kombinasi dengan ZS-1030B daya 30 watt, ini juga speaker yang sudah ada, sehingga tidak ada yang mubazir.
Daya ZS-F2000WM di setting ke 30 watt untuk mengimbangi daya ZS-1030B.
Ampifier menggunakan yang sudah ada, tipe ZA-2128MW, output 1 untuk teras kiri dan 1 bh depan, dan ouput 2 untuk teras kanan dan 1 bh depan.

Blog diagram sebagai berikut :

Titik pemasangan speaker sebagai berikut :


Cara setting

Pertama setting dulu suara imam, yang paling rentan storing/howling/feedback. Bunyikan speaker HX dulu, sampai suara pas baik kualitas dan kerasnya suara, dengan mengatur volume di mixer, di amplifier, pegaturan di equalizer dan lainnya sehingga suara  pas didengarkan.

Rak System
Selanjutnya setting suara ZS-S60CW, untuk HX matikan. Dengan cara yang sama, atur volume amplifier untuk ke ZS-S60CW sampai diperoleh suara yang seimbang dengan suara HX.  Untuk pengaturan bass-treble di mixer, di equalizer usahakan tidak dirubah, tetap mengikuti settingan HX. Bila ada kurangnya bass-treble di ZS-S60CW, bisa di atur ditone control amplifier.
Bila settinganya sudah pas, kemudian nyalakan bersamaan antara HX dan ZS-S60CW, dengarkan kembali, bila sudah sesuai, maka settinganya bisa dilanjutkan ke setting mic mimbar yang cenderung lebih mudah.  Atur volume, tone control di mixer untuk mendapatkan kualitas suaranya.  Hindari setting lagi di equalizer karena akan merubah setting awal. Cukup setting di channel mic mimbar saja bila bass-treblenya kurang.
Speaker teras tinggal mengikuti saja, volme bisa di atur di input aux dan volume master amplifier.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bisa menjadikan inspirasi bagi masjid-masjid yang punya kendala.  Bagi yang ingin konsultasi, silahkan kontak WA kami di 0811184203. atau melalui fasilitas kontak diatas, insha alloh akan sampai ke email kami.

Bagi yang ingin mengadakan seminar, kami siap menjadi pemberi materinya, tapi untuk undangan ke jamaah/peserta, lokasi/tempat seminar, dll...silahkan diatur, kami hanya siap datang saja, free kami aka layani untuk sharing ilmu ini.

Alamat Masjid : Masjid Al-Banna, Jl. Raya Narogong KM. 7 Cileungsi – Bogor



Tidak ada komentar:

Posting Komentar