Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Minggu, 08 Januari 2017

Aplikasi Line Array Speaker Z-5BHX2 (1)

Z-5BHX2
Array  Speaker Z-5BH
  Beberapa artikel sebelumnya sudah dikupas mengenai apa itu Array speaker, keunggulannya dibanding speaker biasa, dan juga bagaimana membuat speaker biasa menjadi speaker array. Kali ini akan saya berikan beberapa aplikasi Array Speaker di berbagai event yang tentunya bisa buat inspirasi dalam pemilihan speaker yang akan digunakan.

  Z-5BHX2 dipasang di stand speaker untuk acara yang bersifat sementara seperti ceramah agama, acara di luar ruangan / standing party, dll.Bersifat bongkar pasang. Bracket yang digunakan bisa pakai tipe ZY-ST1.

  Untuk acara yang lain, yang membutuhkan kualitas suara bass, misal buat orgen tunggal pada acara perkawinan, dll. Subwoofer bisa pakai tipe Z-120BFB.
Aplikasi lain yaitu untuk pemasangan permanen di ruangan, misal di ruang pertemuan / auditorium. Array speaker sangat cocok dengan sifatnya yang menyebar dan merata tingkat tekanan suara dari depan hingga belakang.
Bisa juga ditambahkan subwoofer bila di perlukan dentuman suara bass yang mantab. Subwoofer bisa menggunakan Z-120BFB 1bh atau lebih. Tergantung luas ruangan. Array speaker yang dipasang juga bisa di pasang lebih dari satu, tergantung luas ruangan dan panjang ruangan. Semakin panjang, jumlah Z-5BHX semakin banyak, dengan tujuan agar suara sampai ke belakang tetap jelas.

Bila ruangan luas, dengan stage panggung di pojokan / di tengah, agar suara merata di setiap penjuru, maka pemasangan Array speaker bisa di buat keliling, sehingga suara yang diperoleh benar-benar merata di semua area. Jumlah array speaker juga bisa ditambah lebih dari satu bh untuk menjangkau area bagian belakang, sehingga bagian belakang tetap mendapat suara yang sama dengan di depan. Subwoofer bisa di tempatkan terpisah dan dipasang keliling juga untuk memberikan nada bass yang seimbang di setiap area.

Penempatan speaker juga bisa di atas lantai, tentu saja mesti diperhitungkan bahwa sampai belakang suara tetap akan sampai, khususnya suara dari array speaker, harus diatas pendengar. Kondisi seperti ini bila pendengar dalam posisi duduk, sehingga suara dipastikan bisa menjangkau sampai belakang.  Untuk menambah suara bass, bisa di kombinasikan dengan subwoofer atau speaker lainnya yang mempunyai suara bass sesuai kebutuhan.

Aplikasi lain dalam sebuah acara panggung dalam ruangan. Array speaker di gantung di beberapa titik untuk memberikan suara lebih merata. Dengan tujuan untuk mengurangi suara gema yang berlebih kalau hanya ditempatkan di depan semua. Dengan teknik seperti ini maka suara menjadi jelas tanpa pengaruh gema ruangan.


  Array speaker Z-5BHX2 juga bisa di gunakan untuk sound lapangan, tentunya dikombinasikan dengan speaker subwoofer yang mampu memberikan tendangan bass yang memadai.  Array speaker cenderung berfungsi untuk suara midle dan treble. Dengan jumlah array speaker lebih dari satu, bisa menjangkau pendengar sampai jauh.

Contoh lain aplikasi di panggung terbuka. Di kombinasikan dengan subwoofer.
Contoh lainnya, aplikasi Z--5BHX2 dalam sebuah acara panggung terbuka.

Acara di stadium juga bisa menggunakan Array speaker, tentunya dengan jumlah banyak agar jangkauan suara bisa jauh.

1 komentar:

  1. Assalaamu'alaykum wrwb
    Saya bagian teknisi di Masjid. Ada ZA 2128mw cuma berfungsi sebelah. Yang lainnya sempat terbakar Tr Final nya dan beberapa Tr driver.
    Yang rusak sudah diganti tapi masih belum ada hasil.
    Mohon solusi nya

    BalasHapus