Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Minggu, 08 Januari 2017

Keunggulan High Impedance

Telah dikupas sebelumnya bahwa speaker TOA tersedia dalam High impedance Dan Low impedance. Dan juga sudah diterangkan bagaimana Cara menyambung keduanya ke amplifier. Dan juga telah dibahas pada berita sebelumnya bagaimana Cara merubah speaker low impedance menjadi high impedance. Sekarang kita akan kupas apa keunggulan dari High impedance dibandingkan dengan low impedance.

>Berikut keunggulannya:

1. Speaker Aman / tidak mudah rusak -> dengan adanya matching transformer yang terpasang dispeaker, maka daya yang masuk lebih stabil dan tidak akan melebihi daya speakernya, meskipun amplifier yang dipakai mempunyai daya jauh lebih besar dari daya speaker. Kita ambil contoh bila kita pasang speaker high impedance 25 watt maka daya yang masuk hanya maksimum sebesar 25 watt saja meskipun amplifier yang dipakai berdaya 240 watt. Jadi speaker akan aman / tidak akan rusak.  Bila speaker low impedance misal berdaya 25 watt dan ampifier yang dipakai 240 watt, maka bila tidak hati-hati dalam setting level output amplifier maka daya yang masuk ke speaker akan melebihi daya speaker. Akibatnya spul / diapraghm speaker akan terbakar / putus / rusak. Tentunya sangat merepotkan bila speaker yang terpasang di menara / diatas masjid maka akan repot bila sering - sering service.

2. Tidak terpengaruh panjang kabel speaker -> dengan adanya matching transformer didalam speaker maka panjang kabel tidak menurunkan daya yang dikirim dari amplifier ke speaker, hal ini dikarenakan rugi-rugi kabel tidak berpengaruh terhadap high impedance, meskipun kabel yang dipergunakan kecil. Bila per 1meter memiliki hambatan dalam sebesar 1 ohm, maka bila menggunakan kabel sepanjang 20 meter maka besarnya hambatan dalam kabel menjadi 20 ohm. Bila speaker low impedance, misal 16 ohm, maka daya yang masuk ke speaker turun < 50%. Kalau dari amplifier dikirim daya sebesar 25 watt, maka yang masuk ke speaker ±12 watt. Ini artinya suara speakernya akan kecil. Tapi bila menggunakan high impedance speaker, misal daya 25 watt, dengan impedance 400 ohm, maka daya yang masuk ke speaker hampir tidak berkurang. Bila dari ampli dikirim daya sebesar 25 watt maka sampai ke speaker tetap 25 watt.

3. Cara pasang mudah -> dengan speaker high impedance, Cara pasangnya sama dengan memasang lampu listrik. Dipasang secara paralel. Impedansi speaker sudah tidak perlu diperhitungkan lagi. Yang perlu diperhitungkan yaitu total daya yang terpasang saja. Bila amplifier yang dipakai ZA-2240 maka total daya tidak boleh melebihi 240 watt. Kalau low impedance selain daya total harus diperhitungkan, total impedance juga tidak boleh kurang dari impedansi output amplifier. Jadi pemakaian Jumlah speaker banyak akan rumit dalam penyambungannya. Tetapi dengan high impedansi speaker cukup mudah dalam penggabungannya.

4. Cocok untuk pemakaian speaker dalam Jumlah banyak -> diatas sudah disinggung bahwa high impedansi speaker paling cocok untuk penggabungan speaker Jumlah banyak, misal untuk di Rumah sakit, hotel, pabrik, Kantor, masjid yg luas, dll.instalasi pengkabelanya mudah, yaitu dengan sistem paralel seperti instalasi listrik.


Demikian sekilas Mengenai keunggulan pemakaian speaker high impedansi, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar