Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Minggu, 08 Januari 2017

Optimalisasi Mixer Amplifier ZA-2128MW

Kali ini admin akan membagi tips bagaimana mengoptimalkan amplifier ZA-2128MW yang dikenal dengan amplifier masjid, karena memang amplifier ini dirancang khusus untuk penggunaan di masjid, makanya dinamakan ampli masjid.

Keunggulan yang dimiliki ampli ZA-2128MW banyak sekali, diantaranya :
1. Dual output --> outputnya ada 2 ( stereo ), CH1 dan CH2.  dimana input mic bisa keluar dari kedua output tersebut. Ini memudahkan bagi pengguna yang kurang paham instalasi sound system. Dengan adanya 2 output ini, maka output CH1 --> bisa untuk speaker adzan ......dan CH2 --> bisa untuk speaker dalam.

2. Volume output terpisah --> ada 2 volume untuk CH1 dan CH 2, dimana masing-masing bisa diatur besar kecilnya suara secara terpisah.  Jadi suara adzan bisa dikeraskan tanpa mempengaruhi speaker dalam. Begitu juga sebaliknya.

3. Fasilitas ECHO --> ada fasilitas ECHO atau gema, untuk menambah kelembutan suara. Tapi hanya ada di input MIC 1 saja.  Ini bisa dimanfaatkan untuk mic imam / mic mimbar agar suara kutbah merdu.  Tapi mesti bijaksana dalam penggunaannya.  Bila ruangan sudah bergema, sebaiknya fasilitas ECHO nya ditutup/tidak dipergunakan, Karena akan memperburuk kualitas suaranya.  Apa yang disampaikan oleh Khotib akan tidak jelas karena gema terlalu tinggi. Atau untuk mic adzan, juga bisa, jadi suara adzannya lebih merdu terdengar.

4. Fasilitas PHANTOM --> fasilitas ini juga hanya ada di MIC 1.  Penggunaannya hanya untuk mic yang membutuhkan PHANTOM.  Beberapa mic yang membutuhkan fasilitas PHANTOM : Mic imam tipe ZM-360P, mic mimbar tipe KR-505, mic podium tipe CM-15P, CM-20P atau AKG CGN-99.  Untuk mengaktifkan PHANTOM yaitu saklar dipindah ke posisi ON. 
Peringatan :
Matikan PHANTOM bila tidak dipergunakan, karena akan mengganggu kualitas suara mic, khususnya bila menggunakan mic biasa ( mic dynamic).

5. Tone Control BASS-TREBLE per channel --> persis seperti di MIXER, ampli ZA-2128MW setiap inputnya ada tone controlnya. Sehingga memudahkan setting suara BASS / TREBLE nya. Mic imam bisa diatur sendiri bass-treblenya, mic mimbar juga bsia diatur bass-treblenya, begitu juga mic adzan.  Sehingga kualitas suara sesuai dengan keinginan.

6. Input Mic wireless --> ada fasilitas 2 input mic yang bisa dioptimalkan menjadi mic wireless, yaitu di input mic 2 dan 3.   Caranya : dengan menambahkan Tuner dan mic wireless yang sesuai dan dipasang di tempat yang telah disediakan. Untuk mengaktifkan, cukup menekan saklar tekan di bagian depan ampli.

7. Pre Amp OUT dan PWR Amp In  --> gunanya untuk menyisipkan perangkat lainnya seperti Equalizer / Feedback destroyer / ECHO repeater, dll, menjadi satu kesatuan sistim yang utuh.

Berikut penjelasan secara detail aplikasi fasilitas Pre Amp OUT dan PWR Amp In :

- EQUALIZER --> Dengan ditambahkannya EQ maka kualitas suara menjadi lebih baik. Pengaturan Bass, midle , Treble bisa menjadi lebih mudah dengan equalizer. Selain itu juga bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas mic imam, yang seringkali masalah dengan suara dengung / feedback / stooring, dengan equalizer maka suara stooring bisa di eliminasi ( lihat artikel teknik menghilangkan suara feedback ).
- FEEDBACK DESTROYER --> dengan menambahkan feedback destroyer (FBQ-1000), maka suara feedback / stooring secara otomatis akan di hilangkan, sehingga mic apa saja yang digunakan, suara storing tidak akan terjadi. Khususnya mic imam, dengan volume besar pun maka tidak akan muncul suara feedback.
-ECHO REPEATER --> dengan menambahkan perangkat ini, maka semua channel input mic / aux  ada suara gemanya. Dengan pengaturan yang baik maka suara yang dihasilkan akan menjadi lebih baik.
-dll.

Berikut contoh blok diagram instalasi pemasangan EQ ke amplifier ZA-2128MW.
Cara penyambungan :
- Pre Amp OUT --> dihubungkan ke Input Equalizer  (IN)
- Output Equalizer (OUT) --> dihubungkan ke PWR Amp In


Untuk aplikasi perangkat lainnya, misal Feedback Destroyer FBQ-1000, caranya sama saja, tinggal ganti Equalizer dengan FBQ-1000.

Untuk Equalizer, bisa menggunakan tipe DOD-231, DBX-231, DBX-231S atau DBX-131 atau equalizer tipe lainnya,  yang penting kualitasnya bagus.

Berikut tampak belakang dari amplifier ZA-2128MW.


Catatan :
- Bila amplifier ZA-2128MW dipergunakan untuk speaker horn (adzan) dan speaker dalam, maka cukup yang untuk speaker dalam saja yang diberikan Equalizer.  Boleh saja tetap pakai Equalizer, tapi frekuensi 300 Hz kebawah dan 10KHz keatas diturunkan. Yg lainnya tetap di tengah ( 0 dB).

Demikian yang dapat disampaikan, semoga tips ini bisa membantu meningkatkan penggunaan amplifier masjid tipe ZA-2128MW menjadi lebih baik.

1 komentar: