Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Minggu, 08 Januari 2017

Merangkai Array Speaker system sendiri

Dalam artikel lain sudah pernah di bahas mengenai keunggulan dari Array Speaker System yaitu diantarannya :
- Penyebaran suara merata kiri-kanan bila dipasang berdiri ( setengah lingkaran )
- Penyebaran suara jauh kedepan dengan intensitas suara cenderung merata dari depan speaker sampai yang paling jauh ( penurunannya tidak drastis ), sehingga membuat kenyamanan bagi pendengar di depan speaker, tidak merasa berisik / menyakitkan telinga.
- Low feedback --> tidak mudah terjadi storing terhadap suara microphone
- Cocok untuk ruangan yang mempunyai gema tinggi atau ruangan yang luas dengan daerah tengah tidak ada tiang untuk penempatan speaker, dan masih banyak lagi keunggulannya.

 
Gambar 1. Array speaker di panggung terbuka

Sebenarnya bagi yang sering mengunjungi konser / panggung terbuka, Array speaker system ini sudah banyak diterapkan. Dengan menggunakan tower, speaker disusun sedemikian rupa sehingga membentuk satu kesatuan speaker yang tersusun rapi dari bawah sampai atas. Dipasaran sudah banyak Professional speaker untuk panggung yang dirancang multi fungsi, selain bisa di pakai individual, juga bisa dipakai untuk kombinasi Array speaker.

Speaker TOA, juga sudah banyak dijual tipe Array speaker dari kualitas biasa sampai yang professional.
-Array speaker tipe biasa yaitu ZS-102C, ZS-202C, ZS-203CB, ZS-403CB, ZS-603CB.
-Sedangkan Array speaker yang professional yaitu Z-5BHX, ZS-S60CW, dan ZS-S240CW.

Apa perbedaannya ?
Dari segi harga sudah jelas, yang professional lebih mahal.  Hal ini dikarenakan kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus, frekuensi respon lebih rata, lebih lebar dan tingkat storing semakin rendah. Disamping itu, ada fasilitas yang bisa diatur arah penyebarannya dengan mudah seperti tipe Z-5BHX. Didalamnya ada rangkaian crossover yang mengatur keseimbangan keluaran suara dari masing-masing speaker sehingga tingkat suaranya menjadi merata.

Untuk efisiensi biaya, kita juga bisa membuat sebuah Array speaker dengan kualitas yang tidak kalah dengan yang sudah ada dipasaran, yaitu dengan merangkai speaker yang berkualitas bagus menjadi satu kesatuan, seperti yang ditunjukkan pada gambar 2 dibawah ini.
  Gambar 2  Array speaker ZS-1030W

Pada gambar diatas, Array speaker disusun dari speaker ZS-1030W, daya 30 watt/bh, sehingga total dayanya menjadi  4 x 30 watt = 120 watt.
Arah penyebaran suara bisa diatur sebagai berikut : 1 bh paling bawah menunduk, yang 3 bh lurus kedepan, atau seperti gambar, dari speaker paling bawah disusun merata.  Tujuannya yaitu agar pendengar paling depan mendapatkan suara dengan baik dan pendengar berikutnya mendapat suara yang cukup dan begitu juga pendengar paling jauh mendapat suara yang sama baiknya dengan yang didepan.
Cara penyambungan, cukup di gabung semua dari 4 speaker yang di paralel. Jangan sampai terbalik polaritasnya.
Penyusunan speaker bisa menggunakan pipa seperti contoh, atau bisa juga langsung ke tembok dengan susunan yang di atur jaraknya sehingga rapi dan rata.
Array speaker dari ZS-1030W ini mampu untuk ruangan dengan luas 10 x 10 sampai 15 x 15 m  dengan baik. Speaker dipasang di depan ruangan kiri-kanan ( 2 rangkaian array ).

Speaker tipe lain yang bisa digunakan untuk Array speaker yaitu tipe ZS-1030B, ZS-F2000BM, ZS-F2000WM.

Demikian sedikit sharing untuk menambah wawasan dan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar