Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam serta sholawat semoga ttap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan seluruh umatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Semoga tulisan / artikel diblog ini bermanfaat, bila ada yang kurang paham atau ada kasus khusus, silahkan di tanyakan, kami siap bantu. Wa'alaikumsalam

Minggu, 08 Januari 2017

ARRAY SPEAKER solusi mengurangi GEMA

Dalam artikel yang lain pernah dibahas bagaimana cara mengurangi suara gema dalam ruangan, diantaranya :
1. Memasang karpet dilantai
2. Memasang gorden di jendela
3. Membuat jendela terbuka
4. Dinding-dinding ruangan dibuat berlubang-lubang
5. Penempatan speaker secara menyebar ( Distribusi merata )
6. Pemilihan kualitas speaker dengan frekuensi response yang lebar
7. Arah pemasangan speaker, dll.

Dan yang terbaru yaitu  menggunakan speaker jenis ARRAY SPEAKER.

Memang, belum banyak orang memahami, seperti apa Array Speaker itu dan bagaimana bisa mengurangi suara gema.

Berikut ulasannya untuk pembaca.

ARRAY SPEAKER
Array speaker mempunyai makna yaitu speaker yang disusun sedemikian rupa, berjajar dengan jumlah banyak menjadi satu kesatuan speaker.  Jumlah speaker mulai dari 2 buah speaker yang di susun berjajar seperti model ZS-102C atau ZS-203CB,  atau berjumlah 4 buah speaker seperti ZS-202C atau ZS-403CB dan yang berdaya besar yaitu Z-5BHX.  Yang berjumlah 6 buah speaker juga ada, seperti model ZS-603CB, dan masih banyak lagi jenisnya.
Tentunya semakin banyak jumlah speaker, mempunyai spesifikasi yang berbeda dan tujuan penggunaan yang berbeda pula.



Berikut perbedaan penyebaran suara dari speaker biasa dan speaker ARRAY

Speaker biasa penyebaran suara membentuk sudut sekitar 90 derajat, sehingga bila dibesarkan suaranya maka suara akan dipantulkan oleh dinding-dinding ruangan yang berakibat timbulnya gema /suara pantul.
Sedangkan untuk speaker Array, penyebaran suara hampir membentuk garis lurus sejajar, sehingga, pantulan suara dari dinding hampir sangat kecil.
Dari pemahaman penyebaran suara dari kedua jenis speaker, maka speaker ARRAY sangat cocok bila dipergunakan untuk ruangan yang memiliki kecenderungan gema yang tinggi.
Bagaimana proses terjadinya penyebaran suara yang hampir sejajar pada speaker ARRAY ? 

Perhatikan ilustrasi gambar diatas.
bila sebuah speaker diberikan input suara, maka penyebaran suara membentuk area penyebaran seperti balon, dan bila diukur maka akan diperoleh tingkat tekanan suara yang biasa dikenal dengan SPL (Sound pressure Level ) dengan satuan decibel (dB).
Kita anggap speaker hasil pengukuran memiliki SPL 90 dB.
Bila digabung --> 2 buah speaker yang spesifikasinya sama, maka akan diperoleh area penyebaran suara total ( warna biru ), dengan SPL meningkat + 3 dB menjadi 93dB.
Ini artinya maka suara akan lebih keras terdengar dan semakin jauh bisa didengarkan.  Kita ambil contoh, bila 1 bh speaker bisa didengarkan dalam jarak 3 meter, saat di jajarkan 2 bh speaker maka akan mampu didengarkan sejauh 5 meter.
Selain tingkat suara menjadi lebih keras, lebar area penyebaran suara juga semakin lebar, tetapi semakin panjang kedepan.
Bagaimana bila 4 buah speaker dijajarkan ? perhatikan dibawah.

Bila 4 bh speaker digabung / dijajarkan maka akan diperoleh area penyebaran suara yang semakin luas dan semakin panjang ke depan. SPL yang diperoleh bisa menjadi 96 dB. Ini artinya dengan daya yang sama, maka suara akan mampu didengarkan lebih jauh lagi.

Kesimpulan sederhana sebagai berikut :
> Bila 1 speaker bisa didengarkan sampai 3 meter, maka bila digabungkan 2 buah speaker akan mampu didengarkan 5 meter dengan daya yang sama. Dan akan mampu didengarkan dalam jarak 7 meter bila 4 buah speaker digabungkan.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana speaker ARRAY paling sesuai untuk ruangan yang bergema ?
Dengan kelebihan yang dimiliki oleh speaker ARRAY , yaitu area penyebaran suara yang lurus kedepan, maka sangat sesuai bila diterapkan dalam ruangan yang bergema, karena suara pantulan dari dinding-dinding penyekat ruangan akan sangat kecil, dibandingkan dengan speaker konvensional / biasa.

Bagaimana cara memasang speaker ARRAY ?
Cara memasang speaker ARRAY sedikit berbeda dengan speaker biasa. Tinggi speaker ARRAY yaitu 0-1 meter diatas pendengar.  Artinya paling baik dipasang lurus dengan pendengar, dan tidak boleh terlalu tinggi, karena sifat speaker ARRAY yang lurus kedepan. Bila dipasang terlalu keatas maka suaranya akan tidak maksimal.
Selain itu, speaker ARRAY harus dipasang berdiri, karena bila dipasang tidur maka akan timbul gema.


Demikian sementara yang dapat disampaikan mengenai speaker ARRAY, semoga menjadikan solusi bagi pembaca untuk menangani ruangan yang bergema.

1 komentar: